Jumat, 30 November 2012

Hari HIV/AIDS Sedunia 2012 di Indonesia

Sumber gambar: Google
Menteri Kesehatan RI Nafsiah Mboi pada konferensi pers di Departemen Kesehatan RI Jumat, 30 Desember kemarin mengungkapkan penanganan kasus HIV/AIDS di Indonesia harus dilakukan dari hulu dan hilir.

Penanganan hilir meliputi pengobatan penyakit kelamin dan penggunaan kondom untuk pelaku seks berisiko, sedangkan penanganan hulu meliputi pendekatan masyarakat dari sisi agama, pendidikan kesehatan reproduksi, hingga bahaya narkotika.


Perbedaan gender di Indonesia dalam hubungan seksual masih sangat rentan. Karenanya, wanita seringkali tidak berdaya ketika ada pria yang menolak memakai kondom ketika berhubungan seks. hal ini menjadikan wanita rentan terkena HIV. Wanita disini tidak hanya untuk pekerja seks namun juga untuk ibu rumah tangga.

Nafsiah mengatakan angka ibu rumah tangga yang terkena HIV justru lebih tinggi daripada wanita pekerja seks.

Nafsiah menambahkan apabila ibu rumah tangga terkena HIV, dapat dengan mudah menular pada anaknya walaupun ada kemungkinan tidak.

Inilah yang melatarbelakangi tema yang diusung pada Hari AIDS sedunia 2012 pada hari ini, yaitu Lindungi Perempuan dan Anak dari HIV dan AIDS. Hari Peringatan ini akan di ketuai oleh Menteri Negara Pemberdayaan Permpuan dan Perlindungan Anak.(kompas.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar